Hati berlemak ( Fatty Liver )



Mungkin kita pernah mendapati burung kita tiba tiba mengalami kejang , kehilangan keseimbangan ( bukan karena setelah dijemur ) , hal ini bisa disebabkan karena hati ( liver ) yang terlalu banyak lemak .

Penyakit hati berlemak pada burung, yang juga dikenal sebagai lipidosis hati, adalah penyakit di mana sejumlah besar lemak yang disimpan dalam hati

Ada banyak kemungkinan penyebab lipidosis hati pada burung. Ini termasuk:

    - Kandungan lemak yang tinggi dari bijian yang diberikan ( terlalu banyak porsi seperti millet , lin seed , lobak dll )

   - Terlalu banyak makan
    - Kekurangan nutrisi seperti biotin, metionin, dan kolin
    - Penyakit tiroid (obesitas makan berlebih , tumor lemak , bulu bulu kusam dan kusut)
    - Racun seperti timbal, arsenik, karbon tetraklorida, kloroform, fosfor, aflatoksin, dan ethionine
    -  Faktor keturunan

Tanda-tanda dari lipidosis hati

Burung dengan penyakit hati berlemak umumnya tiba-tiba kehilangan nafsu makan, lesu, dan depresi. Banyak kelebihan berat badan dan hati membesar karena penyimpanan tambahan lemak. Hal ini menghasilkan perut buncit dan kesulitan bernapas. Mereka mungkin diare dan kotoran yang abnormal (berwarna hijau). Burung mungkin memiliki kualitas bulu tidak bagus . Jika fungsi hati sangat menurun, dapat terjadi tanda-tanda sistem saraf pusat seperti kejang, kehilangan keseimbangan, dan tremor otot ( gerakan otot berulang ulang ) .  Beberapa burung dengan penyakit hati berlemak dapat memberikan beberapa tanda-tanda sebelum mereka mati mendadak.


Pengobatan untuk lipidosis hati

Burung dengan penyakit hati berlemak harus diberikan diet rendah lemak yang meliputi pakan berkualitas tinggi minim bijian yang mengandung banyak lemak dan buah-buahan segar serta sayuran . Mereka biasanya membutuhkan perawatan tambahan seperti panas ( rutin jemur ) dan cairan tambahan .  Obat tambahan, seperti laktulosa, dapat diberikan untuk mengobati atau mencegah tanda-tanda sistem saraf pusat.




  • Laktulosa adalah gula sintetis yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, dan dapat membantu untuk pertumbuhan lactobacillus dan bifidobacteria dalam usus besar.
  • Berfungsi untuk menyembuhkan atau mencegah konstipasi dan komplikasi hati.

sumber : - peteducation - canarytales - petco dan edit penambahan by Januar


 
Copyright © 2012 - 2018 Nutri Bird - Malang Indonesia - Allright reserved.