Solusi Burung Sesak Nafas








Biasa terjadi dan menginfeksi :
    Finch (terutama Gouldians - pembunuh nomor satu dari burung finch )
    Kenari
    Parkit
    Paruh Bengkok 
    Juga didiagnosis pada burung lain


Gejala umum:
    # Kasus ringan:
Suara serak , volume suara burung mengecil lebih pelan dari biasanya dan bahkan macet bunyi ,burung menjadi kurang aktif.

    # Kasus lebih lanjut :
         Bersin, batuk, mengi ( nafas bunyi ngik ngik ) , mencicit, hidung basah, dan paruh terbuka. nafas menjadi berat ekor naik turun , lemah , penurunan berat badan dan suara klik ( tek tek ) saat bernapas . Gejala-gejala yang lebih sering terlihat nafas terengah engah / ngap ngapan setelah aktivitas terbang 

Diagnosis:
Tungau tidak terlihat dengan mata telanjang hanya terlihat pada pemeriksaan mikroskopis dari sampel jaringan saat melakukan swab trakea.

Penularan 
  •      Tungau kantung udara ditularkan melalui udara oleh kontak dekat dengan burung yang terinfeksi yang berada di dekatnya , ketika burung batuk atau bersin burung melepaskan kabut kecil kelembaban yang berisi tungau kantung udara yang kemudian menginfeksi burung terdekat.
  •     Air minum yang terkontaminasi merupakan sumber utama lain dari penularan

Pengobatan Pilihan:

     Harap dicatat bahwa sebelum pengobatan dimulai, penyebab sebenarnya perlu di identifikasi. Beberapa penyakit misalnya, infeksi saluran pernapasan atau kekurangan vitamin A ini bisa  mempunyai gejala yang hampir sama 

    Tanpa pengobatan, burung yang terinfeksi tungau kantung udara pada akhirnya akan mati, karena tungau berkembang biak dan menyebabkan penyumbatan saluran udara yang mengakibatkan mati lemas.

    Tungau kantung udara dapat diobati , memberikan obat kurang dari dosis anjuran akan menjadi tidak efektif dan memberikan terlalu banyak akan menyebabkan over dosis . 

    Jika salah satu burung dari koloni atau dalam satu ruangan menderita tungau kantung udara, disarankan untuk mengobati SEMUA burung karena ada kemungkinan bahwa semua telah terkena tungau ini melalui air minum kontak udara maupun kontak secara langsung.

Obat yang paling umum digunakan yaitu obat VERMEC
Pengobatan dimulai di malam hari, sebelum burung-burung tidur, keluarkan semua air minum dari kandang . Keesokan paginya burung akan haus . Campurkan VERMEC 1 tetes per 50ml air minum aduk merata kemudian sajikan , lakukan selama 3 hari berturut turut , jika burung maksimal mengkonsumsi air minum yang sudah dicampur vermec maka  maka hasilnya akan sangat efektif  . Ulangi perawatan dalam dua minggu kedepan . Kandungan Obat secara perlahan masuk kedalam aliran darah  kemudian tungau yang menghisap darah yang sudah mengandung obat akan mati dan reaksi akan terlihat dalam beberapa hari kemudian biasanya 3-5 hari 

Jika kondisi sesak nafasnya sudah parah  pengobatan bisa melalui sistem tetes langsung melalui samping paruh ( tidak perlu membuka paruh karena pada saat di tetes melalui samping paruh obat akan terhisap secara otomatis pelan pelan ) , hindarkan dengan membuka paruh karena akan beresiko burung tersedak cairan masuk saluran pernafasan dan akan mati beberapa saat kemudian ( ditandai dengan sempoyongan , megap megap )

Pengobatan lingkungan dan Perawatan Pendukung

     Selama masa pengobatan, penting untuk membersihkan seluruh sangkar , tempat pakan dan minum sehari-hari , agar nantinya tidak terinfeksi kembali atau tidak menular ke burung yang lain , setelah di berikan obat penting untuk menempatkan burung di sangkar yang kecil agar tidak terlalu banyak gerak atau terbang secara berlebihan .
    

 
Copyright © 2020 Nutri Bird Indonesia Allright reserved