INFEKSI BAKTERI



INFEKSI BAKTERI


Ada beberapa jenis bakteri yang menyerang dan menginfeksi burung , tapi yang paling umum adalah E.coli, Citrobacter, streptococcus  dan staphylococcus. Bakteri ini biasanya berhubungan dengan air, pasir, grit, pakan bijian , bekas pakan /cede/eggfood/sayuran/telor , daerah lembab, tempat berdebu dan kandang basah. Infeksi bakteri  ini mudah terjadi pada burung yang memiliki resistensi alami yang rendah  atau sistem kekebalan tubuh yang rusak.


Burung yang terinfeksi akan menunjukkan kotoran yang berubah warna menjadi keputihan , kehijauan , bercampur darah atau  berair,  bakteri yang masuk dapat mengiritasi usus dan merusak ginjal dan hati. Ketika bakteri yang terhirup melalui debu   bisa menghasilkan bersin, menggosok mata, berlendir , minum berlebihan, batuk. Kehilangan atau perubahan suara ( serak ) . 



Bakteri  yang terhirup atau tertelan berpotensi mengancam kehidupan burung jika tidak segera ditangani , kita harus secara tepat dalam mengidentifikasi jenis penyakit sesuai indikasi yang nampak , sehingga kita bisa mengetahui sumber penyebabnya kemudian bisa mengambil keputusan yang tepat tentang bagaimana cara terbaik untuk mengobatinya dan bagaimana untuk menghentikannya biar tidak terjadi lagi .



PERAWATAN BURUNG YANG TERINFEKSI ?


Setelah kita melakukan identifikasi  jenis penyakitnya atau gejala gejala yang tampak selanjutnya kita bisa memilih Antibiotik yang tepat . ( AMOXI / ORNITHO / TRIMEPRIM / SULFA CURE ) Pemberian bisa melalui air minum atau diberikan langsung melalui samping paruh untuk burung yang tidak minum banyak air atau sudah sakit parah yang terpenting adalah bagaimana supaya burung bisa maksimal mengkonsumsi obat yang diberikan.






  • Pisahkan burung yang terinfeksi dari burung yang lain agar tidak menular
  • Tempatkan pada tempat yang tenang dan nyaman 
  • Tempatkan pakan dan minum pada posisi yang mudah di jangkau oleh burung
  • Jika burung sering turun ke dasar sangkar , ubah posisi tangkringan mendekati dasar sangkar , tangkringan sangat penting untuk memberikan rasa nyaman 
  • Ganti setiap hari air minum yang sudah dicampur obat
  • beberapa diantaranya sensisitf terhadap cahaya sehingga perlu memberikan kerodong 
  • Jika burung sudah susah makan maka harus dibantu spet lolohan yang sudah dicampur obat 
  • Bisa memberikan lampu penghangat jika diperlukan
  • Bersihkan seluruh jeruji  sangkar , tempat pakan , pangkringan dan tempat minum dengaan disinfektant ( MLD = Mite,Lice & Disinfectant )
  • Pada masa pemulihan berikan multivitamin setiap hari selama 3-5 hari










 
Copyright © 2020 Nutri Bird Indonesia Allright reserved