Burung berjemur / Mandi Matahari ( Bird Sunbathing )


Perilaku burung berjemur saat di alam terlihat sangat menarik , tapi mengapa burung mandi matahari ?

Burung berjemur adalah tindakan menyebar di bawah sinar matahari penuh untuk mengekspos bulu dan kulit terhadap sinar matahari langsung

Ketika berjemur, burung menyesuaikan diri untuk mengekspos jumlah maksimum bulu mereka ke matahari . burung yang berbeda akan mandi matahari dengan cara yang berbeda, tetapi pada umumnya melakukan beberapa cara :Berdiri membelakangi matahari
  1. Menepuk-nepuk bulu di kepala dan kembali mengekspos bagian kulit ( mengembangkan bulu )
  2. Menyebarkan ( membuka )sayap
  3. Menyebarkan ( membuka ) ekor
  4. Menaikkan sayap untuk mengekspos bagian pinggul Selama satu sesi berjemur burung dapat menjaga posisi yang sama atau mungkin mengubah posisi untuk mengekspos bagian tubuh yang berbeda . Karena titik menjemur adalah untuk menangkap sebanyak mungking sinar matahari didaerah terbuka
Mengapa Burung Mandi matahari ?Ada beberapa teori tentang perilaku burung menjemur dan bahkan burung sering mandi matahari untuk alasan yang berbeda. Dalam cuaca dingin atau pagi hari, burung mandi matahari untuk kehangatan dengan mengambil keuntungan dari radiasi matahari. Hal ini memungkinkan mereka untuk mempertahankan suhu tubuh mereka tanpa pengeluaran banyak energi dari makanan, dan dapat meningkatkan peluang mereka untuk bertahan hidup di iklim dingin atau ketika makanan langka.
Banyak burung diamati menjemur bahkan pada hari-hari terpanas, namun, dan diyakini bahwa menjemur dapat memenuhi tujuan selain hanya pengaturan suhu. Menjemur dapat membantu burung mengkonversi senyawa dalam minyak merapikan bulunya mereka - disekresikan dari kelenjar di pangkal ekor - menjadi vitamin D, yang penting untuk kesehatan . Jika burung habis mandi , menjemur dapat membantu bulu mereka kering lebih cepat sehingga mereka bisa terbang lebih mudah, tanpa terbebani oleh kelebihan air. Hal ini bahkan diyakini bahwa beberapa burung mandi matahari untuk kesenangan murni dan relaksasi, banyak cara yang sama manusia akan berjemur.
Alasan yang paling penting untuk menjemur, bagaimanapun, adalah untuk menjaga kesehatan bulu. Menjemur dapat mengusir parasit bulu karena kelebihan panas akan mendorong serangga untuk pindah ke tempat lain di bulu burung. Ini akan memberikan burung akses yang lebih mudah untuk menyingkirkan parasit ketika bersolek, dan burung sering terlihat bersolek segera setelah menjemur. Hal ini penting untuk menyingkirkan parasit ini - serangga kecil yang menginfeksi bulu dapat menyebabkan masalah untuk penerbangan, dan penampilan, yang semuanya dapat berdampak kelangsungan hidupnya.
Sinar matahari banyak mengandung Vitamin D, maka bersyukurlah karena kita bisa menikmati vitamin D secara gratis Disamping itu sinar matahari juga bermanfaat membunuh mikro bakteria, oleh karena itu banyak ahli kesehatan menyarankan untuk mebuat rumah yang di pagi hari cukup terkena sinar matahari ini.Beberapa manfaat sinar matahari bagi kesehatan :
  1. Mengandung vitamin D
    Pada waktu berkas sinar ultraviolet disaring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D. Menerima paparan sinar matahari selama 5 menit saja sama artinya dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh Anda.
  2. Membentuk dan memperbaiki Tulang
    Meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh . Kondisi ini adalah solusi dalam pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakhitis dan osteomalacia.
  3. Meningkatkan kebugaran pernafasan
    Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan adalah salah satu kegunaan sinar matahari. Selain itu, sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur di bawah terik matahari.
  4. Kekebalan
    Saat kulit terkena sinar matahari, terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara tidak langsung antibodi-pun akan ikut meningkat. Kondisi ini akan bertahan hingga 3 minggu. Menurut penelitian, 10 menit di bawah matahari satu dua kali seminggu dapat mengurangi resiko terkena flu hingga 30-40%.
  5. Penawar infeksi dan pembunuh bakteri
    Sinar matahari mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan juga jamur. Pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, terapi sinar matahari sangat dibutuhkan. Bahkan beberapa dari virus penyebar kanker dapat dibinasakan oleh sinar ultraviolet ini. Infeksi jamur, termasuk candida, juga bakteri di udara bereaksi dan dapat dibinasakan oleh sinar matahari.
Penjemuran burung sebaiknya dilakukan sebelum jam 09.00 karena pada watu tersebut sangat bagus untuk kesehatan .
 
Copyright © 2012 - 2018 Nutri Bird - Malang Indonesia - Allright reserved.